Malam Tahun Baru Bakal Dihadiri Komet, Pertanda Buruk?

CALIFORNIA – Komet 45P diramalkan akan mendekati bulan sabit pada malam pergantian tahun baru 2017. Walau ini bukan pertamanya komet itu tampak dari Bumi, kehadirannya kali ini dirasa bertentangan.

Komet disimbolkan menjadi ketidakberuntungan dalam mythologi Babilonia. TechTimes mengutip Charles Choi dari Space.com mengatakan bahwa ‘Epic of Gilgamesh’ yang dideskripsikan menjadi datangnya api, banjir, dan juga belerang bersamaan dengan komet yang sudah membuat Raja Nero dari kota Roma menyelamatkan diri dari sebuah kutukan komet’ dengan menunjuk para penerusnya menjadi raja.

Takhayul lebih-lebih banyak dibawa oleh komet Halley, komet yang lain dengan periode yang pendek yang muncul di Bumi setiap 75 sampai 76 tahun. Komet, yang terakhir muncul dibagian dalam Tata Surya pada 1986 itu di perkirakan akan muncul lagi di tahun 2061. Takhayul itu diceritakan bahwa tanda-tanda yang ada yakni datangnya penyakit, gempa bumi, dan juga Black Death.

Tapi berdasarkan ilmu alam, 2017 akan menjadi sebuah tahun yang baik untuk pengamat langit, khususnya untuk mereka yang doyan mengamati komet. Komet 45P tak membahayakan Bumi dan juga menjadi awal lewatnya komet-komet menarik yang lain di 2017.

“Mulai di Desember dan juga sepanjang 2017, kami akan melihat beberapa moment untuk menonton melewati teropong dan juga teleskop,” ungkap Tubuh Antariksa Amerika (NASA).