Detail Chipset Exynos 8895 Untuk Samsung Galaxy S8 Sudah Terungkap

Seperti yang kami ketahui, selama ini Samsung sering kali mengeluarkan ponsel pintar dengan mengusung chipset yang bertentangan untuk pasar tertentu. Tidak terkecuali untuk serie Galaxy S yang biasanya hadir dalam 2 versi, yaitu memakai chipset Qualcomm Snapdragon serta yang yang lain memakai chipset Samsung Exynos. Tradisi itu pun juga tetap berlaku pada Galaxy S8 yang akan meluncur diawal tahun 2017 mendatang.

samsung-exynos

Sementara kami telah mengetahui kalau Samsung akan memakai Snapdragon 825 pada Galaxy S8, bocoran detail tentang chipset Exynos 8895 sudah muncul di Tiongkok hari ini. Berdasarkan laporan dari Tiongkok, nantinya akan ada 2 versi chipset Exynos untuk ponsel Galaxy S8. Semuanya terdiri dari Exynos 8895M serta Exynos 8895V.

Keduanya dikatakan akan di produksi pada technology 10nm FinFET Samsung. Chipset itu dikatakan memakai kombinasi quad-cores Exynos M2 CPU clock 2,5 GHz ataupun 2,3 GHz menurut versi serta quad-cores Cortex A53 CPU clock 1,7 GHz.

Laporan itu pun juga mengklaim bahwa Samsung akan memakai GPU Mali-G71 baru dari ARM. Exynos 8895M dikatakan mempunyai GPU 20-core, sedangkan 8895V mempunyai sebuah GPU 18 core. Keduanya di katakan kompatibel dengan penyimpanan UFS 2.1, modem Cat.16 LTE serta RAM LP-DDR4x.

Samsung diperkirakan akan mengeluarkan versi ke-3 dari Exynos 8895 pada kuartal ke-3 tahun depan. Chipset itu mungkin datang dengan fitur yang jauh lebih baru, yaitu modem Shannon 359 yang mungkin mempunyai kompatibilitas dengan jaringan CDMA. Sayangnya, detail itu belum bisa dikonfirmasi keberannya, sebab sampai ketika ini Samsung belum membagikan penjelasan resmi mengeai chipset terbarunya.